5 Cara Bergaya Hidup Sehat




Banyak jalan menuju Roma, banyak pula cara buat menjalani hidup sehat. Bila saran-saran kesehatan yang Anda tahu terasa berat, maka CC punya alternatifnya. Sst… manfaatnya paling tidak bisa mendekati ‘aturan’ tersebut, kok.

Olahraga Kardio
Ideal: Lakukan selama 30 menit per hari sudah cukup menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat), meningkatkan HDL (kolesterol baik), mengurangi risiko diabetes dan sakit jantung.

Identik: Setiap hati tiga kali jalan kaki dengan durasi masing-masing 10 menit. Kalori yang terbakar sama plus memperkuat jantung. Misal, jalan saat akan makan siang di luar kantor atau memilih tangga daripada lift.

Konsumsi Serat
Ideal: Tiap hari paling tidak konsumsi 5 – 9 porsi buah dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan serat.

Identik: Dapat mengonsumsi sayuran kaleng yang juga memiliki kandungan serat dan mengandung nutrisi. Bisa juga meminum mutivitamin guna memenuhi kebutuhan nutrisi.

Makan Ikan
Ideal: Ikan salmon, trout, juga sarden memiliki kandungan DHA dan EPA asam lemak omega-3. Zat-zat tadi berguna mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi minimal dua kali seminggu.

Identik: Tambahkan satu atau dua sendok makan benih bunga Flax (Flax Seed) pada salad atau oatmeal. Biji-biji ini mengandung asam lemak omega-3 serupa dengan ikan. Bisa juga konsumsi minyak ikan sebanyak 1.000 mmg per hari.

Tangan Bersih
Ideal: Tempat berkuman ada di mana-mana. Bisa ‘nongkrong’ di ATM, pegangan pintu, meja kerja, dan lainny. Hebatnya, nih, kuman mudah berpindah pada mata, mulut, atau hidung. Oleh karena itu, wajib mencuci tangan menggunakan sabun setiap habis beraktivitas.

Identik: Dapat menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol paling tidak 60%. Memang tidak sempurna menghilangkan kuman, terutama di sela-sela kuku dan jari Anda, tapi, cukup efektif, kok.

Sarapan
Ideal: Paling tidak, konsumsi tiga macam kelompok makanan seperti segelas susu, seporsi buah, dan dua potong roti gandum atau sebutir telur. Pola makan ini sebagai sumber energi seharian dan menghindarkan Anda dari obesitas atau diabetes.

Identik: Konsumsi sebotol yogurt buah dan setengah bagian roti bagel dari gandum. Alternatif lain pilih sebungkus cereal bar. Jangan lupa perhatikan labelnya, ya. Paling tidak makanan pengganti tersebut mengandung 5 gram serat dan protein serta jumlah kalorinya kurang dari 200.  

(MEI, FOTO: FOTOSEARCH)
sumber
Title : 5 Cara Bergaya Hidup Sehat
Description : Banyak jalan menuju Roma, banyak pula cara buat menjalani hidup sehat. Bila saran-saran kesehatan yang Anda tahu terasa berat, mak...

0 Response to "5 Cara Bergaya Hidup Sehat"