Dibuat oleh Ir. Yulia Yudihartanti, M.Kom. Dosen pengajar Sistem Penunjang Keputusan (SPK) Tehik Informatika Semester 3 di STIMIK BANJARBARU
Pengaruh
teknologi terhadap perkembangan sistem informasi
- Perkembangan bisnis : tidak bisa mengandalkan cara konvensional harus dipikirkan suatu strategi baru agar bisnis tersebut mampu bersaing dengan bisnis lainnya. Seperti bisnis penjualan di bagian kasir, perusahaan agen tiket pesawat.
Peran SPK
- Sebagai fasilitas untuk melakukan analisis sehingga proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pelaku bisnis menjadi lebih berkualitas. Analisis didasarkan atas keadaan bisnis yang sedang berjalan digabungkan dengan data pendukungnya.
- SPK sangat identik dengan keberadaan pemodelan dalam melakukan analisis.
Kecerdasan
bisnis
- Tujuannya adalah untuk mengubah data yang sangat banyak agar memiliki nilai bisni melalui laporan analitis.
- Perusahaan memerlukan kecerdasan bisnis untuk mengembangkan proses bisnis, memonitor waktu, biaya, kualitas dan pengendalian.
Data,
Informasi dan Kualitas informasi
- Data merupakan representasi dari fakta atau gambaran mengenai suatu obyek atau kejadian.
- Informasi merupakan hasil olahan data yang lebih bermakna.
- Informasi dikatakan berkualitas jika relevan, akurat, lengkap, tepat waktu, dapat dipahami, dapat dibandingkan.
Masalah
- Masalah merupakan suatu kondisi yang berpotensi menimbulkan kerugian luar biasa atau menghasilkan keuntungan luar biasa.
- Pemecahan masalah adalah tindakan memberi respon terhadap masalah untuk menekan akibat buruknya atau memanfaatkan peluang keuntungannya.
- Keputusan merupakan kegiatan memilih suatu strategi atau tindakan dalam pemecahan masalah tersebut.
- Pengambilan keputusan merupakan tindakan memilih strategi atau aksi yang diyakini manajer akan memberikan solusi terbaik atas sesuatu.
Tujuan dari keputusan
Tujuan dari
keputusan adalah untuk mencapai target atau aksi tertentu yang harus dilakukan.
Kriteria
atau ciri dari keputusan adalah :
- banyak pilihan
/ alternatif
- ada kendala /
syarat
- mengikuti pola
/ model
- banyak input /
variabel
- ada faktor
risiko
- perlu
kecepatan, ketepatan, keakuratan
Pembuatan
keputusan manajemen
Berdasarkan
tingkat manajemen yang terbagi atas :
1.
Manajemen strategis
2.
Manajemen taktis
3.
Manajemen operasi
Manajemen
Strategis
Kegiatannya
adalah : memilih tujuan jangka panjang, mengalokasikan sumber daya, menyusun kebijaksanaan yang
diperlukan untuk mencapai tujuan.
Manajemen
Taktis
Tugasnya :
menterjemahkan tujuan jangka panjang ke dalam rencana dan tujuan yang lebih
detil dan lebih kuantitatif (dapat diukur) untuk bagian operasi.
Manajemen
Operasi
Tugasnya
adalah : mengamati kegiatan sehari-hari dan memastikan diikutinya rencana dan
tercapainya tujuan.
Tahap
Pembuatan Keputusan
- Identifikasi masalah
- Pemilihan metode pemecahan masalah
- Pengumpulan data untuk melaksanakan model keputusan
- Mengimplementasikan model tersebut
- Mengevaluasi sisi positif dari setiap alternatif yang ada
- Melaksanakan solusi terpilih
Kondisi
pengambil keputusan
- Pengambil keputusan dalam kepastian, semua alternatif diketahui secara pasti.
- Pengambilan keputusan dalam berbagai tingkat risiko yang dipilih.
- Pengambilan keputusan dalam kondisi ketidakpastian, ada alternatif yang tidak diketahui dengan jelas.
Title : Modul Sistem Penunjang Keputusan
Description : Download via sendspace Dibuat oleh Ir. Yulia Yudihartanti, M.Kom. Dosen pengajar Sistem Penunjang Keputusan (SPK) Tehik Informat...
Description : Download via sendspace Dibuat oleh Ir. Yulia Yudihartanti, M.Kom. Dosen pengajar Sistem Penunjang Keputusan (SPK) Tehik Informat...
0 Response to "Modul Sistem Penunjang Keputusan"
Post a Comment